Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Humor Orang Sunda-Jawa Saling Cokot




Jotako7Post-Pada suatu hari ada seorang buruh bangunan dari suku Sunda yang sedang bekerja membangun bangunan rumah bersama dengan rekannya yang merupakan buruh dari suku Jawa.

Orang sunda naik ke tingkat dua bangunan setengah jadi yang sedang mereka bangun dan berkata pada orang jawa yang sedang mengaduk semen di bawah “kang, tolong cokot batu bata itu!” pintanya. Dalam bahasa sunda adalah "kang, tolong ambil batu bata itu".

Sementara arti dalam kosakata bahasa Jawa, kalimat tersebut memiliki arti “kang, tolong "gigit" batu bata itu”. Tentu saja orang jawa tidak mau melakukan hal itu. 

Orang Sunda yang berada di lantai dua menjadi tidak sabar dan bertanya pada orang Jawa di lantai bawah yang tadi ia mintakan tolong untuk mengambilkan batu bata.

“Mana batu batanya kang? Sudah di cokot belum?”

Orang Jawa menjawab “atos kang” atau “keras” dalam bahasa sundanya. Sehingga orang Sunda menjadi bingung karena “atos” berarti sudah, sedangkan dari tadi batu batanya ditunggu tidak diambilkan juga.

Selanjutnya orang sunda bertanya, “mana atuh? dari tadi aku tunggu kok tidak ada?”

Jawab orang Jawa itu, “kamu sendiri aja sana yang cokot batu batanya!” dalam hati orang jawa tadi bilang “kepriwe sih lah bata mbok atos, masa inyong kon nyokot. Ana-ana bae jen kiye wong Sunda”

Sedangkan dalam hati orang Sunda “uluh-uluh, dimintai tolong baik-baik kok malah marah-marah teing”.

Hmmm.. kiranya ceritanya sampai disini saja dulu, kalau cerita ini diteruskan tanpa diperjelas maknanya, tentunya akan menjadi adu mulut dan kemungkinan terjadi baku hantam antar kedua orang ini.

Itu merupakan bagian dari penyampaian informasi. Sebagai bagian dari komunikasi ternyata memiliki pengaruh besar dalam mencapai suatu hasil tertentu yang diinginkan. Prosesnya tidak sederhana, namun terkesan sederhana.

Ayo ketawa, dan tersenyum selagi Allah masih menggratiskannya.. hehe wkwkw ckckak..

Sumber: Saya Benci Kritik, karya Listiyani Aslim MBA, CBA, CMHA

Kamu juga bisa baca cerita lucu orang jawa dan sunda salah paham karena kata "amis" Disini

Salam Jotako7Post,
Journal Of Trust And Kaleidoscopic Obsession
Jujur Omongane, Tawadhu’ Akhlake, Kualitas Obrolane.
Ibnu Kharis Go
Ibnu Kharis Go Creativepreneur toward 5.0

Post a Comment for "Humor Orang Sunda-Jawa Saling Cokot"