Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Hangat Jaman Now: Tirto Husodo Pacitan


Dikutip dari media Attarmasie
edisi April 2007



Kota Pacitan yang dikenal kota “seribu goa” memang banyak mengundang para wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. Namun tidak lengkap rasanya jika hanya mengunjungi goa-goa saja. Sebagai pamungkas trip anda, alangkah baiknya berkungjung ke “Pemandian Banyu anget Tito Husodo”.


Jotako7-Pacitan, Seperti diceritakan pada zaman dahulu kala sunan Kali Jaga yang sedang menyebarkan agama Islam dengan cara mengadakan pagelaran wayang kulit. Pagelaran tersebut bertujuan untuk mengundang perhatian masyarakat saat itu.

Suatu ketika sunan Kali Jaga mengadakan pagelaran wayang di daerah pegunungan dan malam itu seluruh masyarakat menghadirinya. Seperti biasanya pagelaran tersebut berlangsung semalam suntuk bertepatan pada bulan purnama. Hampir semalaman wayang itu digelar, semua masyarakat menyaksikannya dengan penuh hikmat.

Tapi tiba-tiba sang wali dikejutkan oleh suara seorang yang sedang menyapu halaman, padahal waktu itu masih tengah malam. Sang wali mengira pagi sudah tiba, sehingga tergesa-gesa bergegas dengan panic untuk menyelesaikan pagelaran wayang tersebut sebelum fajar menyingsing.

Akibatnya sang Wali tidak sengaja menarik layer yang biasanya orang jawa menyebutnya: geber atau kelir. Dan saat ini kelir tersebut berubah menjadi sebuah bukit yang disebut dengan gunung kelir. Gunung tersebut dapat kita lihat di sekitar pemandian. Konon gunung tersebut jika terkena hujan tidak berubah warnanya atau berlumut layaknya gunung lainnya.

Sang Wali juga menumpahkan minyak lampu yang dinamakan dengan “blonceng”. Sehingga secara bersamaan dengan tumpahnya air tersebut sang wali berkata: “minyak yang tumpah ini akan menjadi sumber air panas yang dapat digunkan sebagai pengobatan berbagai macam penyakit.

Lokasi Wisata Banyu Anget ini berjarak 15 KM dari kota pacitan, tepatnya di desa Karangrejo kecamatan Arjosari Pacitan Jawa Timur. Banyu Anget ini berbeda dengan di daerah lain, karena memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri.

Tak heran para wisatawan lokal atau bahkan mancanegara selalu ramai berduyun-duyun ke pemandian air hangat ini. Sangat cucok untuk refreshing bersama keluarga dan handaitolan. Spot dan pemandangan bayu anget ini juga begitu instagramable banget bagi kawula muda jaman now.  Selain itu diatara khasiatnya banyu anget ini bisa dijadikan sebagai obat gatal-gatal, reumatik, asam urat dan penyakit-penyakit modern jaman now.

Fasilitas yang tersedia ada kolam dewasa, anak-anak, villa, kantin, mushola, kamar mandi air digin juga air hangatnya, da nada pula fasilitas bagi pengunjung yang hendak terapi.

So, Lest go,,,!
Wisata Banyu anget Pacitan, gokil, instagramble, berkhasiat, dan Jaman now bingitz..
Jangan lupa share dan komen ya gan - sis..
Selamat berilibur..

Salam Jotako7
Journal Of Trust And Kaleidoscopic Obsession


Post a Comment for "Air Hangat Jaman Now: Tirto Husodo Pacitan"